NETWORK | Jakarta | Banten | Lampung

UGM Ajak Remaja Mengenal Perubahan Iklim melalui “Gadget”

GERBANGPATRIOT.COM– Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) bekerja sama dengan Yayasan Sagasitas Indo­nesia memberi pembinaan dan pembekalan bagi generasi muda di Yogyakarta untuk mengenal alam dengan meman­faatkan teknologi gadget. Kegiatan ini dikemas melalui pro­gram pengabdian yang dikemas dalam skema Education for Sustainable Development.

Koordinator kegiatan program, Matin Nuhamunada, di Yogyakarta, Rabu (31/10), mengatakan program tersebut telah dimulai sejak April 2018 dengan menggandeng komu­nitas peneliti remaja dan guru pembimbing karya ilmiah re­maja (KIR) di Yogyakarta.

Pengembangan program tersebut, kata dia, dilatarbe­lakangi adanya fenomena generasi saat ini yang memi­liki ketergantungan yang tinggi terhadap teknologi gadget. Kondisi ini menimbulkan kekhawatiran para guru terhadap para anak didiknya menjadi kurang peka terhadap kondisi alam dan lingkungan sekitar.

“Padahal, kepekaan dan kepedulian generasi muda akan menjadi kunci dalam menghadapi permasalahan global di masa mendatang, terutama tantangan perubahan iklim,” je­las Dosen Fakultas Biologi UGM ini.

Matin menyampaikan pelaksanaan program dimulai de­ngan sosialisasi dan diskusi dengan guru pembimbing KIR se-DIY. Sosialisasi yang diberikan terkait metode inovasi de­sign thinking yang dapat membantu siswa mengidentifikasi permasalahan dan mencari solusi dalam proses penelitian remaja. Adapun kegiatan sosialisasi dilakukan saat pamer­an Sagasitas Research Exhibition pada bulan Juli 2018 lalu. Pada pameran tersebut turut ditampilkan ratusan judul pe­nelitian siswa. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.