NETWORK | Jakarta | Banten | Lampung

Mendagri Akan Menandatangani dan MoU dengan Kepala Perpustakaan Nasiona

GERBANGPATRIOT.COMJakarta, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) diagendakan akan melakukan penandatangan kerja sama dan MoU dengan Perpustakaan Nasional RI. Acara tersebut direncanakan dihadiri lan

gsung Menteri Dalam Negeri Bapak Tjahjo Kumolo dan Kepala Perpustakaan Nasional RI Bapak Muhammad Syarif Bando, di Kantor Perpustakaan Nasional Jl. Medan Merdeka Selatan Nomor 15, Jakarta, kamis tanggal 31 Januari 2019, pukul 09.00 WIB.

Dalam keterangannya, Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Bahtiar menyampaikan bahwa penandatanganan kerjasama dan MoU tersebut sebagai wujud konkrit sinerginya antara Kementerian/Lembaga khususnya dalam hal pengembangan perpustakaan sebagai sarana meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

” Hal ini sejalan dengan Arah Kebijakan Nasional Tahun 2019 – 2024 yang prioritas utamanya dalam hal peningkatan kualitas SDM, yaitu SDM yang handal, berkualitas, dan cerdas yang harus didukung dengan ilmu pengetahuan yang diperoleh melalui pendidikan formal dan nonformal”, ujar Bahtiar.

Lebih lanjut, ia juga utarakan bahwa untuk diketahui saat ini hanya ada sekitar 43 juta warga Indonesia yang sedang mengenyam pendidikan di sekolah atau perkuliahan atau sedang menjalani pendidikan formal. Sisanya sekitar kurang lebih 200 juta penduduk berada di luar bangku sekolah, entah sudah tamat sekolah atau sudah lulus, tetapi umumnya tidak gemar membaca, sementara ilmu pengetahuan terus berkembang dan dunia informasi cepat berubah.

” Sumber dari pengetahuan adalah perpustakaan sebagai sarana untuk membangun budaya literasi, peradaban, dan sekaligus jendela pengetahuan. Negara kuat adalah negara yang manusianya unggul dan punya pengetahuan yang cukup”, terang Bahtiar.

Dalam hal ini, Kemendagri akan memberi suport sepenuhnya untuk perpustakaan di Indonesia, yang tentu teknisnya dikomandani oleh Perpustakaan Nasional RI. Dan diharapkan perpustakan akan lebih tumbuh berkembang di Indonesia.

“Kemendagri sebagai pembina penyelenggaraan pemerintahan daerah mendorong pemerintah daerah dan DPRD memberikan dukungan untuk penguatan dan pelembagaan perpustakaan di daerah”, kata Bahtiar.

Selain itu, besok juga 31 Januari 2019 akan dilakukan pula penandatangan kerja sama antara Kemendagri dan Perpustakaan Nasional yang ditandatangai oleh Sekretaris Jenderal Kemendagri Bapak Hadi Prabowo dan Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional Ibu Sri Sumekar. selain itu, dilakukan juga penandatanganan kerja sama antara Perpustakaan Nasional RI dan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yang ditandatangani Kepala Perpustakaan RI Bapak Muhammad Syarif Bando dan Rektor IPDN Prof. Dr. Murtir Jeddawi.

Puspen Kemendagri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.