NETWORK | Jakarta | Banten | Lampung

HARI KEDUA MASUK KERJA, RSUD GELAR DONOR DARAH RUTIN

GERBANGPATRIOT.COM – Kota Bekasi, Hari kedua masuk kerja setelah libur idul fitri 1440 H RSUD dr. Chabsullah Abdulmadjid Kota Bekasi bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD PMI) Kota Bekasi mengadakan donor darah rutin yang dilaksanakan setiap 3 bulan sekali di Gedung C Lantai 2 Ruang Ex. Gudang Faramsi, Selasa(11/6/2019)

Ketua Panitia Iwan Kartiwan mengungkapkan “kegiatan ini seharusnya diadakan pada bulan Mei lalu, tetapi dikarenakan bulan Mei masih melaksanakan ibadah puasa sehingga dikhawatirkan antusiasme pendonor menurun, jadi kita undur kegiatan donor darah menjadi hari ini,” jelas Iwan Kartiwan.

“Kegiatan dilaksanakan mulai pukul 9 pagi sampai 12 siang, dan alhamdulillah dalam kegiatan donor darah kali ini kita bisa mengumpulkan 49 kantong labu darah, 8 labu darah untuk golongan darah A, 17 labu darah untuk golongan darah B, 18 labu darah untuk golongan O, dan 6 labu darah untuk golongan darah AB,” sambungnya.

“Dari data yang ada calon pendonor yang terdaftar berjumlah 75 orang, 26 orang ditolak atau tidak bisa mendonor karena kadar hemoglobin kurang atau melebihi standar sebanyak 19 orang, tekanan darah rendah / tinggi sebanyak 2 orang, dan baru menderita sakit sebanyak 5 orang,” terangnya.

Lebih lanjut Iwan Kartiwan menjelaskan tahapan untuk donor darah pertama calon pendonor mengisi formulir, lalu menimbang berat badan, periksa HB darah, periksa tensi, setelah semua disetujui barulah seorang pendonor ke bed yang telah disediakan untuk pengatafan atau pengambilan darah.

“Persyaratan pendonor ialah Usia 17-60 tahun, Berat badan minimal 45 kg, Temperatur tubuh 36,6 – 37,5 derajat Celcius, Tekanan darah baik yaitu sistole = 110-160 mmHg, diastole = 70-100 mmHg, Denyut nadi teratur yaitu sekitar 50-100 kali/menit, Hemoglobin perempuan minimal 12 gram, sedangkan untuk laki-laki minimal 12,5 gram, Jumlah penyumbangan per tahun paling banyak 5 kali dengan jarak penyumbangan sekurang-kurangnya 3 bulan,” jelasnya.

“Tujuan diadakannya kegiatan ini selain kegiatan yang rutin dilaksankan 3 bulan sekali juga demi memenuhi kebutuhan darah khususnya di Kota Bekasi, sesuai dengan motto PMI “setetes darah anda, nyawa bagi sesama,” Pungkasnya.

Dalam kegiatan ini UTD PMI Kota Bekasi menurunkan 4 bed dengan 6 petugas diantaranya 2 petugas pengadministrasian, 1 petugas tensi, 1 petugas pengecekan HB, dan 2 petugas pengambil darah.

Wakil Direktur Umum dan Keuangan Indriati, S.Sos, M.A beserta beberapa pejabat lain di lingkungan RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi tampak ikut berpartisipasi untuk menyumbangkan darahnya dalam kegiatan ini. (Advertorial)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.