NETWORK | Jakarta | Banten | Lampung

Liburan Sambil Belajar Sejarah Kemerdekaan di Monumen Bajra Sandhi, Bali

GERBANGPATRIOT.COM – Lagi liburan di Bali dan kepingin berburu wisata bersejarah? Arahkan tujuan kamu ke Monumen Bajra Sandhi yang megah ini, yuk!

Terletak di kawasan Renon, Denpasar, Bajra Sandhi adalah sebuah monumen peringatan perjuangan Rakyat Bali yang sangat bersejarah. Di sini, kamu bisa melihat simbol kemerdekaan Indonesia melalui bangunannya.

Mulai dari anak tangga yang berjumlah 17, tiang agung yang berjumlah delapan hingga ketinggian tiang yang mencapai 45 meter. Semuanya melambangkan tanggal kemerdekaan negara Republik Indonesia.

Dibangun pada 1987 sebelum resmi dibuka pada 14 Juni 2003, Monumen Bajra Sandhi menggunakan arsitektur tradisional Bali. Sehingga, kamu nggak akan menyangka jika bangunan yang berdiri megah di atas tanah seluas 18,8 hektar ini merupakan sebuah monumen perjuangan nasional.

Layaknya sebuah monumen besar, kamu nggak cuma bisa menikmati kemegahan dan atmosfer damai dengan melihat bangunan luar. Tetapi juga bisa mengulik banyak cerita seputar perjuangan Rakyat Bali pada periode perjuangan kemerdekaan Indonesia di dalamnya.

Semuanya dituangkan pada jepretan foto yang terpampang di dinding pameran Monumen Bajra Sandhi. Dengan kualitas yang masih hitam putih, kamu bakal berasa di ajak kembali main ke masa lalu, melihat betapa beratnya perjuangan rakyat Indonesia, khususnya Bali dalam mengusir penjajah.

Selain itu, Monumen Bajra Sandhi juga memiliki 33 diaroma yang menggambarkan proses terbentuknya Bali dari masa prasejarah hingga kemerdekaan. Semuanya dijelaskan dalam tiga bahasa, Indonesia, Inggris dan bahasa Bali, lho.

Buat main ke sini, kamu cukup merogoh kocek mulai dari Rp5.000 untuk menikmati suasana nya. Tertarik belajar sejarah di Monumen Bajra Sandhi?

Sumber : pegipegi.com/Mon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.