NETWORK | Jakarta | Banten | Lampung

Sustainable Development Goals (SDGs) Implementasi Kerja Sama Sister City Untuk Dukung Program

GERBANGPATRIOT.COM – Jakarta,  Mewakili Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kepala Pusat Fasker Dr. Nelson Simanjuntak, SH, M.Si  menilai kegiatan kerja sama sister city penting sebagai bentuk upaya pemerintah pusat dalam mengimplementasikan Program Sustainable Development Goals (SDGs) dan meningkatkan pelayanan publik.

“Karena itu, peluang kerja sama harus dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin, sebagai pengungkit bagi percepatan pembangunan SDGs di pusat dan daerah,” kata Nelson pada Rapat Koordinasi Kerja Sama Teknik dan Kerja Sama Sister City/Sister Province di Hotel Novotel Jakarta Mangga Dua Square, Jakarta Utara, Kamis (12/03/2020).

Nelson mengatakan, di era globalisasi ini penting untuk melaksanakan kerja sama baik secara lokal maupun internasional sehubungan dengan meningkatnya status Indonesia menjadi negara berpendapatan menengah ke atas.

“Kegiatan ini dapat menjadi wahana dan sarana untuk lebih memantapkan hubungan dan keterikatan  antar negara dan daerah sehingga ada keselarasan, sinergitas pembangunan daerah,” ungkapnya.

Adapun komitmen yang telah ditunjukkan pemerintah pusat dengan mengambil tindakan awal, termasuk menghubungkan sebagian besar target dan indikator SDGs ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

“Dengan adanya struktur nasional ini, keberhasilan Indonesia dalam mencapai SDGs sangat bergantung pada tiga faktor utama, yaitu percepatan, pembiayaan dan inklusi yang harus menjadi prioritas ke depan,” terangnya.

Pada prinsipnya, Nelson menjelaskan bahwa pelaksanaan SDGs tersebut akan menekankan keterlibatan dari seluruh aktor pembangunan selain pemerintahan yakni Civil Society Organization, sektor swasta, filantropi, akademisi, dan lain-lain.

”Pemerintah daerah memiliki peran strategis dalam pencapaian Sustainable Development Goals untuk memastikan pemahaman SDGs di dalam implementasi pelayanan publik dan indikator SDGs berjalan baik di daerah,” jelasnya.*

Puspen Kemendagri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.