Dinas BMSDA Kota Bekasi Lakukan Penataan Taman dan Pedestrian

GERBANGPATRIOT.COM – Kota Bekasi, Program pembangunan Pemerintah Kota Bekasi untuk membangun 1000 taman yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) beberapa waktu lalu, tampaknya hingga kini masih berjalan. Komitmen pemerintah untuk menata ruang terbuka hijau itu dibuktikan dengan dilaksanakannya beberapa kegiatan pemeliharaan taman dan pedestrian di beberapa titik lokasi, diantaranya taman Cut Meutia di Bekasi Timur, penataaan taman di kolong tol Jati Asih dan penataan taman di permukiman Perumahan Taman Harapan Baru (THB) di Bekasi Utara.

Haryono, kepala UPTD Pertamanan wilayah I pada bidang Penerangan Jalan Umum (PJU) dan Taman Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Bekasi,belum lama ini di ruang kerjanya menjelaskan bahwa komitmen pemerintah Kota Bekasi dan tingginya animo masyarakat untuk ketersediaan taman sebagai sarana alternatif warga untuk tempat hiburan, rekreasi, berkarya, berolah raga sekaligus sebagai sarana tempat tumbuh kembangnya tumbuhan dan aneka kembang bunga merupakan pelayanan untuk pemenuhan keinginan dan kebutuhan warga.

Sebab itulah, secara perlahan pemerintah kota ingin mewujudkan impian tersedianya 1000 taman di Kota Bekasi, namun karena keterbatasan dana, maka dilakukanlah penataan yang dianggap  dalam skala prioritas. Contohnya, dulunya taman di lokasi Taman Harapan Baru situasinya gelap dan menyeramkan, namun kini sudah ditata lebih baik dan lebih terang, nyaman dan menyenangkan.

Kini  banyak orang tua bersama anak-anaknya bermain di taman tersebut. Demikian pula dengan kondisi Taman Cut Meutia, yang dulunya acap kali di tongkrongi oleh orang orang yang tidak jelas asalnya dan profesinya, sebab lokasi ini tidak jauh dari tempat keramaian terminal Kota Bekasi, namun kini sudah kita tata dan dijaga agar jangan lagi ada orang  yang sembarangan merusak pemandangan dan keindahan taman. Konsep penataannya lebih luas dan lebih umum untuk dapat dinikmati oleh siapa saja oleh khalayak ramai.

Kemudian taman bermain Skate Board yang posisinya tepat dibawah kolong tol Jati Asih sudah kita tata dan perbaiki. Konsep penataannya difokuskan pada penambahan sarana dan prasarana olah raga skate board dan fasilitas tamannya sekaligus area play ground untuk anak-anak yang membuat kita semakin semangat dan betah untuk berolah raga.

Lebih jauh, Lia Lestari yang juga menjabat sebagai kepala UPTD Pertamanan wilayah II pada kegiatan penataan taman tersebut secara rinci menjelaskan adapun item penambahan sarana dan prasarana diantaranya adalah pemasangan pagar pembatas, penataan taman untuk bermain anak anak, pembuatan kursi taman dan pemasangan batu alam Andesit, serta penyediaan out door fitness bagi masyarakat yang ingin bermain dan sekaligus berolah raga.

Dengan adanya sarana olah raga skate board ini diharapkan para anak-anak muda dapat meningkatkan semangat dan aktivitasnya dalam berolah raga dan menambahkan jumlah komunitas olah raga skate board yang ada di Kota Bekasi.

Bertikutnya di lokasi lain ada perbaikan  air mancur penanaman aneka bunga dan rerumputan, penataan saluran air dan tembok taman dan sebagainya.

Diharapkan, dengan diperbaikinya taman ini masyarakat dapat memanfaatkannya dengan baik, turut menjaga dan melestarikannya. “Jangan lagi membuang sampah sembarangan, para pedagang juga jangan sembarangan masuk area taman, mari kita bersama-sama menjaga dan mendukung keasrian taman,” ujar Haryono dan Lia Lestari.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *