NETWORK | Jakarta | Banten | Lampung

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Utara  Bentuk Forum Komunikasi Kesiapan Bersekolah(FKKB) PAUD SD.

GERBANGPATRIOT.COM – Lampung Utara. Salah satu upaya yang dilakukan untuk melaksanakan Implementasi Program Kesiapan Bersekolah Transisi PAUD, SD di Kabupaten Lampung Utara, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Utara telah membentuk Forum Komunikasi Kesiapan Bersekolah(FKKB) PAUD SD.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Utara yang diwakili oleh Yeni Sulistina selaku Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan PNF pada acara Pembukaan Sosialisasi Program Kerja Kesiapan Bersekolah PAUD SD yang diadakan di GSG DCC Candimas, Kamis, 4 November 2021.

Dalam sambutannya, Yeni menyampaikan bahwa adanya miskonsepsi dalam pelaksanaan pembelajaran pada PAUD dan SD kelas awal.

Agar dapat mempersiapkan anak masuk ke jenjang pendidikan dasar secara lebih baik, maka perlu menciptakan masa transisi yang baik, dengan menciptakan lingkungan belajar yang selaras antara di satuan PAUD dan SD dengan penekanan pada pembelajaran kontekstual dengan menggunakan benda konkrit dan menyediakan bahan dan Alat Permainan Edukatif (APE) yang sesuai dengan kearifan lokal agar dapat mendukung dalam pengenalan literasi dan numerasi anak.

Satu hal yang perlu kita pahami bersama bahwa dalam mengimplementasikan program ini, ada 3 poin besar yang harus terus kita lakukan penyelarasannya yaitu pemahaman tentang kesiapan anak, kesiapan keluarga dan kesiapan sekolah.

Dr. Dwi Supriyanto, M.Pd selaku Ketua Forum menyampaikan bahwa sebagai tindaklanjut dari pelaksanaan Bimbingan Teknis Implementasi Program Kesiapan Bersekolah yang dilakukan pada akhir September 2021 yang lalu, Forum Komunikasi Kesiapan Bersekolah PAUD,SD mengadakan Kegiatan Sosialisasi Program Kerja Kesiapan Bersekolah Transisi PAUD,SD yang bertujuan untuk mensosialisasikan program kerja forum komunikasi.

Forum Komunikasi PAUD SD merupakan suatu wadah untuk saling berbagi informasi dan melakukan koordinasi tentang bagaimana menciptakan transisi yang baik dari PAUD ke SD, serta untuk menyelaraskan praktik-praktik pembelajaran di SD agar dapat mendukung pembelajaran di PAUD dan sebaliknya.

Kegiatan yang diikuti oleh perwakilan Kepala Sekolah SD, Guru SD kelas awal serta Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) PAUD dari 23 Kecamatan se Kabupaten Lampung Utara dan menghasilkan suatu kesepakatan untuk melakukan penyelarasan pembelajaran secara berkesinambungan serta berkelanjutan. Hal ini dibuktikan dengan akan dibentuknya Forum Komunikasi Kesiapan Bersekolah di tingkat Kecamatan, sehingga semua program kerja yang telah dibuat ditingkat Kabupaten dapat selaras diterapkan oleh semua satuan pendidikan. (Pangat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.