NETWORK | Jakarta | Banten | Lampung

Pemkab Bekasi Bangun Ratusan Ruang Kalas SD dan SMP

GERBANGPATRIOT.COM – Bekasi, Sudah menjadi komitmen pemeritah kabupaten Bekasi, untuk semaksimal mungkin memperbaiki, meningkatkan atau merehabilitasi sarana pendidikan berupa ruang kelas belajar untuk sekolah SD maupun SMP negeri yang tersebar di wilayah kabupaten Bekasi. Untuk itu sesuai dengan kemampuan keuangan daerah, dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kebupaten Bekasi yang saat ini dipimpin oleh kepala dinas Benny Sugiarto Prawiro menuturkan bahwa untuk tahun anggaran 2023 ini dinasnya akan membangun 51 ruang kelas belajar untuk SD dan 19 ruang kelas belajar untuk SMP.

Bahkan dari alokasi anggaran APBD Kabupaten Bekasi tahun 2023 ini yang akan menggelontorkan anggaran sebesar Rp  214, 08 miliar juga akan direhabilitasi sejumlah 268 ruang kelas belajar untuk SD dan 84 ruang kelas belajar untuk SMP.

Lebih jauh, pembangunan infrastruktur pendidikan di kabupaten Bekasi tentu tidak lepas dari peran serta dinas pendidikan. Sebab itu untuk proses pembangunan sarana pendidikan tersebut dinas Cipta Karya dan Tata Ruang berkolaborasi dan bekerja sama saling mendukung dengan dinas Pendidikan dalam membangun dan mengupayakan yang terbaik untuk peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, khususnya di lingkup pendidikan tingkat SD maupun SMP.

Untuk mendukung proses belajar mengajar atau pembelajaran di sekolah sudah barang tentu diperlukan sejumlah ruang kelas dengan kapasitas yang beragam, biasanya standar untuk anak SD maupun SMP berkapasitas 40 siswa untuk setiap kelasnya. Proses pembelajaran dapat berjalan secara kondusif dan efektif apabila para pengajar/guru dan siswa merasa nyaman. Berbagai fasilitas penunjangpun diberikan didalam ruang kelas untuk meningkatkan kenyamanan , diantaranya adalah sarana proyektor, akses internet Wi-Fi hingga pendingin ruangan (AC).

Selanjutnya, untuk pembangunan sarana pendidikan sebagai revitalisasi penunjang akan dialokasikan untuk 86 titik fasilitas sarana penunjang untuk SD dan 19 titik sarana fasilitas penunjang untuk SMP. Bahkan dari anggaran yang tersedia, pemerintah kabupaten Bekasi juga menganggarkan  dana untuk 160 ruang kelas diisi dengan meubelar baru. Hal ini merupakan bukti komitmen pemerintah kabupaten Bekasi untuk pembangunan infrastruktur pendidikan dalam menunjang peningkatan kwalitas proses belajar mengajar, ujar Benny. (Hans) .