NETWORK | Jakarta | Banten | Lampung

Gubernur Arinal Terima Penghargaan sebagai Pemimpin Peduli Pembangunan SDM di Bidang Kepemudaan dari DPD KNPI Provinsi Lampung

GERBANGPATRIOT.COM – Bandar Lampung, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menerima penghargaan sebagai Pemimpin Peduli Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) Dibidang Kepemudaan dari Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Lampung.

Penghargaan itu diterima Gubernur saat Temu Kangen Pemuda Lintas Generasi dan KNPI Award dalam rangka Memperingati HUT Emas 50 Tahun KNPI “Merajut Persatuan Songsong Indonesia Emas 2045” di Ballroom Hotel Novotel Bandar Lampung, Sabtu (23/12/2023).

Penghargaan ini diserahkan oleh Ketua DPD KNPI Provinsi Lampung Iqbal Ardiansyah.

Arinal mengatakan temu kangen ini menjadi momentum yang luar biasa untuk menyatukan generasi, mengenang sejarah, serta merayakan perjalanan gemilang yang telah dilakukan oleh para pemuda dari berbagai masa.

“Pada perjumpaan hari ini, saya dapat merasakan semangat dari para pemuda Provinsi Lampung,” ujar Arinal.

Arinal menjelaskan KNPI sendiri sudah menjadi bagian dari dirinya. Bahkan KNPI mempunyai peran besar hingga membawanya menjadi orang nomor satu di Provinsi Lampung.

Menurutnya, anggota dari KNIP Provinsi Lampung adalah agen perubahan yang membawa inovasi, gagasan kreatif, dan energi positif.

“Yang begitu diperlukan untuk memajukan berbagai sektor dalam negara,” katanya.

Arinal menyebut KNPI telah menjadi tonggak penting dalam perjalanan perjuangan pemuda Indonesia.

“Selama setengah abad, KNPI telah menjadi pelopor, penggerak, dan wadah bagi semangat pemuda untuk bersatu, berkarya, dan berkembang,” ujarnya.

Ia mengatakan pemuda merupakan tulang punggung bagi masyarakat dan merupakan pilar utama dalam membangun masa depan yang lebih baik.

“Kontribusi pemuda tak terbatas pada usia, namun lebih kepada semangat, ide-ide segar, serta keberanian untuk menghadapi tantangan,” ujarnya.

Ia mengajak para pemuda bekerja keras, kolaborasi, dan semangat tak kenal menyerah dari setiap generasi pemuda untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.

“Kita semua yang hadir disini menjadi saksi betapa pentingnya peran pemuda dalam mengukir sejarah, membentuk masa depan, dan menginspirasi generasi selanjutnya,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Arinal meminta untuk bersama saling meningkatkan semangat gotong royong, solidaritas, dan kolaborasi lintas generasi.

“Jagalah semangat ini agar terus berkobar dalam hati kita masing-masing, sebab perjalanan menuju Indonesia Emas 2045 tidaklah mudah. Namun, dengan tekad yang bulat, kerja keras, dan kebersamaan, saya percaya bahwa impian tersebut akan menjadi kenyataan,” ujarnya.

Selain Gubernur, ada beberapa tokoh Lampung lainnya yang menerima penghargaan dalam KNPI Award ini diantaranya Mantan Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim meraih penghargaan Tokoh Politik Perempuan Lampung.

Kemudian, Ketua DPRD Provinsi Lampung Mingrum Gumay meraih penghargaan Tokoh Politik Aspiratif Pemuda.

Ada pula Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Lampung Descatama Paksi Moeda meraih penghargaan Birokrat Muda Energik dan Aspiratif.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Provinsi Lampung Iqbal Ardiansyah mengatakan atas dukungan dari Gubernur Arinal, DPD KNPI Provinsi Lampung bisa menyelenggarkaan rangkaian-rangkaian kegiatan yang bermanfaat untuk pembentukan karakter anak muda di Provinsi Lampung.

“Sehingga kami berharap apa yang kami lakukan KNPI ini, dapat bermanfaat bagi anak-anak muda di Provinsi Lampung,” ujar Iqbal.

Iqbal menjelaskan telah banyak yang telah dikolaborasikan pihaknya bersama Pemerintah Provinsi Lampung seperti mengadakan pelatihan-pelatihan dan Focus Group Discussion (FGD).

“Yang intinya adalah seluruh kegiatan kami sesuai instruksi Bapak Gubernur, meningkatkan SDM anak muda yang ada di Lampung,” katanya.

Menurut Iqbal, sehingga nantinya anak-anak muda sudah siap untuk melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan dalam pembangunan di Provinsi Lampung.

“Sehingga nanti kami semua siap untuk menyambut tongkat estafet kepemimpinan di Provinsi Lampung,” ujarnya.

Tokoh lainnya yang mendapatkan KNPI Award diantaranya Tony Eka Candra meraih penghargaan Tokoh Teladan Anti Narkoba, Rycko Menoza SZP meraih penghargaan Tokoh Muda Nasionalis Lampung dan Sudarman meraih penghargaan Tokoh Akademisi dan Kebhinekaan Lampung.(Rian)

Sumber: Adpim