NETWORK | Jakarta | Banten | Lampung

Tak Kenal Lelah, Istri PJ Bupati Lebak Ikut Andil Turunkan Stunting

GERBANGPATRIOT.COM, Lebak – Perhatian Septiana, istri Pj Bupati Lebak, Iwan Kurniawan mendukung tugas-tugas suami tercinta patut diacungi jempol.

Seperti pada kegiatan pengurangan angka stunting di Kabupaten Lebak, melalui Tim Penggerak PKK tingkat kabupaten yang dikomandoinya, tanpa kenal lelah Septiana selalu hadir dalam kegiatan itu.

Seperti diketahui, Sang suami, begitu menjabat sebagai Penjabat Bupati di Lebak langsung menyusun program program inovasi yang diberi nama Gebyar Klasik. Kolaborasi Lebak atasi stunting, inflasi dan kemiskinan ektrem.

Kegiatan yang sudah 2 kali dilaksanakan ini, langsung terbukti menurunkan laju inflalsi daerah itu, bahkan menduduki peringkat ke 9 kabupaten/kota se Indonesia yang inflasinya rendah.

Setiap acara itu diadakan, Septiana Iwan Kurniawan berada di garis depan bersama para pengurus Tim Penggerak PKK memastikan acara berlangsung sukses.

Menurutnya, dengan kolaborasi tersebut nantinya dapat menghasilkan program dan kegiatan yang tepat untuk menekan penurunan angka prevalensi stunting di Kabupaten Lebak.

“Peran PKK kedepan untuk mencapai target nasional penurunan stunting harus berperan aktif melakukan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya gizi seimbang dan pola makan yang sehat serta pola asuh anak,” jelasnya.

Septiana Iwan Kurniawan juga mengatakan bahwa penanganan stunting bukanlah tugas yang dapat dilakukan secara individu, melainkan membutuhkan kerja sama dan komitmen dari semua elemen masyarakat.

” Gebyar Kolaborasi Lebak Atasi Stunting, Inflasi dan Kemiskinan Ekstrem (Klasik), untuk memperkuat sinergi dalam penanganan isu-isu stunting, inflasi, dan kemiskinan ekstrem secara terpadu,”katanya.

Begiu juga soal penurunan stunting dan angka kemiskinan, yang juga berhasil ditangani dengan Gebyar Klasik yang kegiatannya tidak mengandalkan anggaran APBD, tapi lebih dengan mengundang dukungan dari pihak-pihak swasta melalui CSR.

Wanita yang murah senyum ini juga mengapesiasi berbagai pihak, termasuk swasta yang ikut memberikan support sehingga acara sukses terselenggara.

Sedangjan, Pj. Bupati Lebak Iwan Kurniawan dalam sambutannya menyampaikan penurunan Stunting, pengendalian inflasi dan penghapusan miskin ekstrem menjadi fokus program di Kabupaten Lebak. Gebyar Klasik menjadi inovasi dalam penanganan 3 isu prioritas tersebut yang dilakukan secara sinergis, terintegrasi dan berkolaborasi antar perangkat daerah. Terkait pengendalian inflasi, Kabupaten Lebak saat ini berada di peringkat 9 secara nasional dengan tingkat inflasi sebesar 1.37% dari sebelumnya sebesar 4 .14%. Sedang untuk penghapusan miskin ekstrem pihak berkolaborasi antar perangkat daerah dalam mengurangi pengeluaran masyarakat, menambah penghasilan dan mengurangi kantong kemiskinan.

Pada kesempatan tersebut, Pipit yang merupakan penerima bantuan asal Kecamatan Warunggunung berterima kasih kepada pemerintah dan berharap kegiatan seperti ini sering dilaksanakan. Ia juga berharap perhatian pemerintah khususnya untuk sarana pendidikan bagi penyandang disabilitas ditingkatkan.

Ragam kegiatan dilaksanakan serentak di 6 kecamatan lokus Gebyar Klasik Tahap II seperti pemberian bantuan sosial, pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio, pemberian bantuan peralatan pertanian dan perikanan, serta bantuan perlengkapan sekolah. Selain itu terdapat juga ragam layanan kepada masyarakat seperti layanan kependudukan, pemeriksanaan kesehatan, dan fasilitasi legalitas produk UMKM. (Sar/Red)