Air Kali Bekasi Yang Tercemar Limbah-Limbah

GERBANGPATRIOT.COM – Kali Bekasi dipenuhi busa pagi ini. Selain lautan busa, bau tak sedap tercium. Seperti apa kondisinya?

memantau kondisi Kali Bekasi, tepatnya di Jalan Mayor Madmuin Hasibuan, Marga Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (28/9/2018) pagi. Busa berwarna putih memenuhi Kali Bekasi, Bau tak sedap pun tercium, Air kali ini sendiri terlihat berwarna kehitaman. 

Pengendara motor yang melewati Kali Bekasi tampak memelankan laju kendaraannya untuk melihat fenomena kali berbusa ini.

Selain itu, terlihat sampah-sampah menggenang di dekat pintu air Kali Bekasi. Sampah-sampah di Kali Bekasi didominasi sampah rumah tangga dari plastik, Tampak sampah-sampah tercecer di dinding-dinding kalI, Belum terlihat petugas pemerintah daerah di lokasi melakukan penanganan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Jumhana Lutfi, mengatakan penyebab Kali Bekasi berbusa adalah limbah tekstil

“(Limbah) dari Bogor. Itu diindikasikan (limbah) tekstil,” ujar Lutfi ketika dihubungi 

Karena kondisi ini, PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi terpaksa menghentikan produksinya kemarin (27/9) karena air Kali Bekasi berbusa.

“Produksi kita setop karena kadar limbahnya sudah termasuk golongan luar biasa, bukan termasuk limbah yang bisa kita olah. Sebetulnya limbah ini sudah datang dari 3 hari (atau) 4 hari yang lalu,” ujar Kasubag Humas PDAN Tirta Patriot Kota Bekasi.(Har/Net)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *