Kepala Dinas Dukcapil Minta Warga Rawat e- KTP Dengan Baik

GERBANGPATROT.COM – Kepala Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Taufik Rachmat Hidayat berpesan kepada  masyarakat agar bisa menjaga e-KTP.

“Tolong dijaga e-KTP itu menjadi barang yang betul-betul berharga, jangan karena di anggap mudah mendapatkan akhirnya teledor,” ujar Taufik di ruang kerjanya, Selasa (28/5)

Dia mencontohkan, sehabis transaksi di bank atau pada saat bayar pajak kendaraan, jangan sampai e-KTP tertinggal.

Sekarang kata dia, e-KTP berlaku seumur hidup tidak mudah untuk mendapatkanya apalagi dengan keterbatasan blangko, saat ini  yang menjadi prioritas blanko itu adalah mereka yang belum pernah sama sekali rekam e-KTP.

“Blanko yang ada itu diprioritaskan yang belum pernah memiliki KTP. Namun justru banyak digunakan untuk yang KTP nya rusak atau hilang,” kata dia.

Untuk pencetakan e-KTP sekarang menggunakan sistem yang telah dibuat oleh Dinas, lalu dikirim ke masing-masing kecamatan dengan cara sistem urut.

Surat Keterangan dikirim daftar namanya dari sistem, semisal stok ada 1200 keping per kecamatan, maka dikirim 100 keping.

Kendati demikian, dirinya mengaku ada kesulitan untuk menyelesaikan suket karena blangko terbatas.

Paling banyak menerima balngko dari Kemendagri 1000 blanko, sementara sehari saja untuk tiga MPP bisa 500 blangko permohonan, belum termasuk yang di wilayah 12 kecamatan. (Advertorial)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *