DPRD Kota Bekasi Minta Petugas Tak Ragu Menegakkan Aturan

GERBANGPATRIOT.COM – Bekasi, Pemantauan PSBB di sejumlah titik chek point perbatasan terus dilakukan anggota DPRD kota Bekasi. Terutama yang dilakukan oleh Komisi I di perbatasan kota Bekasi dan kabupaten Bekasi yakni di pintu keluar masuk tol dan area perumahan Grand Wisata, Tambun Selatan, dan Perumahaan Mutiara Gading Timur, Mustikajaya, Kamis, (14/5/2020)

Anggota komisi I, H. Ahmad Ushtuchri mengatakan pelaksanaan monitoring dan evaluasi Pembatasan Sosial Berskala Besar tahap III ini sangat berbeda dengan PSBB sebelumnya, dimana pada tahap III sudah mulai diberlakukannya denda bagi pelanggar aturan.

Tidak menggunakan masker saat keluar rumah dan komposisi tata duduk penumpang kendaraan roda empat yang tidak sesuai aturan PSBB, hingga tempat tempat usaha yang melanggar jam buka tutup yang masih di langgar. Pelanggaran lebih didominasi oleh warga yang tidak menggunakan masker dan helm saat berkendara.

Pemberlakuan denda finansial oleh petugas saat ini masih dalam tahap sosialisasi, diskresi dilapangan meski sudah ada surat edaran dari walikota, petugas masih memberikan keringanan dengan teguran dan peringatan pada pelanggar.

“Kami apresiasi kepada petugas ini sebagai bentuk pemahaman melihat kondisi psikologis masyarakat yang terpengaruh juga dari keadaan ekonomi mereka yang sedang terpukul,” ujarnya.

Ada beberapa catatan penting dalam pemantauan di check point dengan perbatasan di Kabupaten Bekasi diantaranya ada kesamaan pos pemeriksaan antara kota dan kabupaten terkait komposisi tiga pilar, Satpol PP, Dishub dan Petugas kesehatan. Ini menunjukkan kesadaran bersama masing masing wilayah untuk serius memutus mata rantai penularan pandemi Covid-19.

Kemudian juga pada jam jam ngabuburit atau jam pulang kerja sering kali terjadi kemacetan, penumpukan dibeberapa titik. DPRD berharap ini menjadi perhatian bagi aparat terkait karena semakin mendekati lebaran diperkirakan akan semakin membludak dan padat arus lalulintas baik mereka yang berbelanja untuk berbuka puasa maupun persiapan lebaran

“Kami berharap PSBB ketiga ini lebih sukses daripada  sebelumnya, mengingat bansos juga sudah semakin baik pendistribusiannya sehingga petugas tidak perlu ragu lagi untuk menegakkan aturan dengan pemberlakuan denda dan harapan kami curva pandemi Covid-19 semakin melandai sehingga dampak ekonomi dan kesehatan bisa teratasi dan masyarakat bisa berlebaran dengan lebih baik,” pungkasnya. (denis)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *