Ketua DPRD Minta Pemkot Bekasi Evaluasi Kegiatan Car Free Day

GERBANGPATRIOT.COM– Car Free Day (CFD) Jalan Ahmad Yani kembali digelar pasca Pemkot Bekasi menyatakan diri memasuki fase New Normal. Tes rapid dilakukan secara acak terhadap peserta CFD dan ternyata hasilnya ada yang positif.

Ketua DPRD kota Bekasi, Chairoman Joewono Putro menyatakan Corona virus adalah penyakit kerumunan, maka resiko terbesar terjadi pada titik konsentrasi kerumunan massa.

Oleh karenanya, Chairoman meminta pemerintah kota Bekasi jika ingin melanjutkan kegiatan Car Free Day agar melakukan langkah langkah evaluasi.

“Diketahui, Pemkot Bekasi menyediakan 500 alat rapid test untuk warga yang mengikuti CFD pada 19 Juli lalu. Tes dilakukan di gate 6 Stadion Patriot Candrabhaga. Melihat data ini, Pemkot dapat menjelaskan bahwa data diambil secara sampling (acak) terhadap 500 peserta CFD, ditemukan 8 reaktif atau 1,6%, dan yang positif sebanyak 2 orang atau 0,4% dari peserta CFD,” ujarnya. Kamis, (23/7/2020).

Sehingga, bila peserta CFD diperkirakan 5.000 orang, maka dapat diprediksikan ada 20 orang yang positif Covid-19. Terhadap angka inilah maka sebaiknya Pemkot melakukan evaluasi penyelenggaraan CFD ini

Karena Covid-19 ini merupakan penyakit kerumunan, maka resiko terbesar memang terjadi di titik-titik kerumunan massa. Untuk itu bila Pemkot tetap melanjutkan CFD ini, maka perlu dilakukan beberapa langkah perbaikan antisipatif, yaitu memantau secara ketat perkembangan angka penularan harian selama 2 pekan ini, perketat pengecekan suhu tubuh di tiap pintu masuk CFD, dan masukkan penyuluhan dan sosialisasi protokol kesehatan, termasuk pedoman/tips tindakan menghadapi gejala infeksi Covid-19, cara isolasi mandiri yang efektif, hingga PHBS (pola hidup bersih dan sehat), dan sebagainya. (denis)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *