Pusat Jantung, Vaskular dan Otak Terpadu RSUD CAM Resmi Di Buka Wali Kota Bekasi

GERBANGPATRIOT.COM – Kota Bekasi, Dalam rangka HUT Kota Bekasi yang ke 24 yang jatuh pada tanggal 10 Maret 2021, Wali Kota Bekasi Dr. Rahmat Effendi meresmikan layanan baru di RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi yaitu Heart, Vascular and Brain Centre atau Pusat Jantung, Vaskular dan Otak Terpadu, Selasa (9/3/2021).

Secara simbolis Wali Kota Bekasi meresmikan laboratorium kateterisasi kedua yang dimiliki RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi dengan menyentuh layar monitor yang kemudian muncul cuplikan video dari beberapa tindakan kateterisasi.

Wali Kota Bekasi (kanan) bersama Wakil Wali Kota Bekasi (kiri) menyentuh layar sebagai simbolis dibukanya layanan Pusat Jantung, Vaskular & Otak Terpadu RSUD CAM Kota Bekasi.

Wali Kota Bekasi Dr. Rahmat Effendi mengatakan dengan adanya Pusat Layanan Heart, Vascular and Brain Centre di RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid, tujuannya adalah Pemerintah Kota Bekasi hadir dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan bagi warganya dan RSUD Kota Bekasi merupakan urutan ke 12 dari seluruh Indonesia yang mampu memberikan pelayanan pengobatan jantung, vaskular dan otak.

Pada kesempatan yang sama dr. Fachmi Ahmad Muslim, SpJP (K), FIHA menjelaskan bahwa laboratorium kateterisasi ini berfungsi sebagai ruang tindakan Intervensi Jantung pada anak dan dewasa seperti intervensi non bedah pada Penyakit Jantung Bawaan – PJB, diantaranya penutupan kebocoran jantung bawaan pada Atrial Septal Defect (ASD), Ventricular Septal Defect (VSD), Patent Ductus Arteriosus (PDA), serta penegakan diagnosis pada kasus PJB lainnya.

“Begitu juga tindakan intervensi pemasangan ring pada kasus Penyakit Jantung Koroner (PJK), baik yang terjadi mendadak akibat serangan jantung koroner maupun yang kronis,” sambungnya.

“Tindakan intervensi pada Penyakit Vaskular juga telah dilakukan, seperti tindakan angioplasti dan trombektomi pada gangguan aliran darah di ekstremitas. Saat ini sedang dikembangkan juga tindakan diagnosis dan intervensi neurologi diantaranya tindakan Digital Subtration Angiografi (DSA), dan akan dikembangkan tindakan intervensi neurologi lainnya,” terangnya.

“Sejak diresmikan tahun 2017  RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi telah memberikan pelayanan tindakan diagnosis dan intervensi di Instalasi Laboratorium Kateterisasi lebih dari 2500 pasien, baik anak-anak maupun dewasa,” ungkapnya.

dr. Fahmi mengharapkan dengan diresmikannya Pusat Jantung, Vaskular dan Otak Terpadu pada hari ini, dapat memberikan pelayanan yang lebih paripurna terhadap masyarakat dan kedepan dapat menjadi pusat rujukan regional untuk tatalaksana pada penyakit Jantung, Vaskular dan Otak.

Direktur RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi dr. Kusnanto Saidi, MARS menjelaskan secara singkat tindakan DSA yang tengah dilakukan oleh dr. Tranggono Yudo Utomo, Sp.S., M.Si.Med., FINA di laboratorium kateterisasi yang terhubung secara langsung dengan layar monitor saat peresmian berlangsung.

Wali Kota Bekasi juga ikut berbincang secara live melalui monitor dengan dr. Tranggono Yudo, Sp. S, MSi.Med, FINA yang telah menyelesaikan tindakan DSA pada pasien.

Pusat Jantung, Vaskular dan Otak Terpadu RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi didukung oleh tenaga Dokter-dokter Spesialis diantaranya dari :

  1. Divisi KardioVaskular :
    Fachmi Ahmad Muslim, SpJP (K), FIHA
    dr. Kabul Priyantoro, SpJP (K), FIHA
    dr. Bambang Purtjahyo, SpJP, FIHA
    dr. Nurul Rahayu Ningrum, SpJP, FIHA, FESC
  2. Divisi Pediatrik Intervensi dan Penyakit  Jantung Bawaan :
    Tri Yanti Rahayuningsih, Sp.A (K)
  3. Divisi Bedah Vaskular :
    Indra Raymond, Sp.B(K)V
  4. Divisi Neurologi Intervensi :
    Tranggono Yudo Utomo, Sp.S., M.Si.Med., FINA
    Pengembangan pelayanan kedepan RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi juga akan menambah pelayanan Bedah Jantung untuk kasus PJK, Penyakit Katup dan PJB yang memerlukan tindakan pembedahan.

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatangan prasasti peresmian Pusat Jantung, Vaskular dan Otak Terpadu, Prasasti Pembangunan Masjid Rahmatusyifa, Prasasti Puskesmas Jatikramat, dan Prasasti SDN Kalibaru I di halaman masjid rahmatusyifa.

Dengan mengucap Basmallah Peletakan batu pertama dilaksanakan langsung oleh Wali Kota Bekasi didampingi Direktur RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi di titik rencana tiang pancang.

Masjid Rahmatusyifa dibangun dua lantai, lantai satu adalah pusat kajian agama islam, dan lantai dua sebagai masjid yang menyambungkan akses  Gedung A, Gedung perkantoran, dan Gedung D.

Pembangunan Masjid bersumber dari dana Hibah Pemerintah Kota Bekasi dan dana sumbangan dari pegawai RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi. (ADVERTORIAL)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *