NETWORK | Jakarta | Banten | Lampung

Pemkot Bekasi Membangun ASN Berakhlak

GERBANGPATRIOT.COM – Core Values “BerAKHLAK” dan Employer Branding Aparatur Sipil Negara (ASN) “Bangga Melayani Bangsa” resmi diluncurkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo 27 Juli 2021. Core Values ini bertujuan untuk menyeragamkan nilai-nilai dasar (core values) bagi seluruh ASN di Indonesia, sehingga dapat menjadi fondasi budaya kerja ASN yang berintegritas dan profesional. Core values BerAKHLAK yang dimaksud merupakan singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Core Values ASN ini menjadi titik tonggak penguatan budaya kerja, yang tidak hanya dilakukan pada ASN tingkat pusat namun juga pada tingkat daerah, sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo “ASN yang bertugas sebagai pegawai pusat maupun pegawai daerah harus mempunyai core values yang sama”.

Dalam rangka membangun ASN berakhlak, Pemerintah Kota Bekasi juga mengharapkan partisipasi aktif dari masyarakat dalam memberikan masukan dan pengawasan terhadap perilaku ASN. Sinergi antara pemerintah dan masyarakat sangat penting dalam menciptakan lingkungan yang bersih, transparan, dan berintegritas.

Dengan demikian, Pemerintah Kota Bekasi berkomitmen untuk memperkuat implementasi Core Values dan Employer Branding dengan pendekatan yang holistik, termasuk penekanan pada nilai ASN berakhlak yang tinggi. Melalui kerja sama yang erat antara pemerintah dan ASN, serta partisipasi aktif masyarakat, diharapkan Kota Bekasi dapat menjadi contoh yang baik dalam pelayanan publik yang bermartabat, beretika, dan berintegritas tinggi.

Dengan ditetapkannya core values ini, memberikan penguatan budaya kerja ASN yang berintegritas dan profesional, sekaligus memudahkan proses adaptasi bagi ASN ketika melakukan mobilitas antar instansi pemerintah. Adanya satu core values yang berlaku secara umum turut memperkuat peran ASN sebagai perekat dan pemersatu bangsa.

Saat ini pemerintah terus mendorong terciptanya pemerintahan yang dinamis (dynamic government) melalui percepatan reformasi birokrasi. Reformasi birokrasi dilakukan sebagai upaya untuk membuat birokrasi lebih akuntabel, cepat dalam proses pelayanan, dan pengambilan keputusan. (ADV-HUMAS)