NETWORK | Jakarta | Banten | Lampung

Kunker ke Kaltara, Tri Tito Karnavian Harapkan ada Nilai Manfaat dan Kemajuan bagi Gerakan PKK

GERBANGPATRIOT.COM – Tanjung Selor, Ketua Umum (Ketum) Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tri Tito Karnavian mengapresiasi prestasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) yang berhasil menekan angka stunting dan kemiskinan ekstrem.

“Kaltara berhasil menurunkan stunting hingga 5,4 persen dari 27,5 persen pada 2021 menjadi 22,1 persen pada 2022. Selain itu, Kaltara juga berhasil menurunkan angka kemiskinan ekstrem pada 2022 turun jadi 0,23 persen menjadi 0,86 persen pada 2021 menjadi 0,63 persen di 2022. Prestasi Pemerintah Provinsi Kaltara tersebut tentu tidak lepas dari dukungan TP PKK Provinsi Kaltara sebagai mitra pemerintah daerah,” papar Tri dalam sambutannya di sela Kunjungan Kerja dan Temu Kader PKK se-Kaltara, Selasa (26/9/2023). Kunjungan tersebut berlangsung mulai 25 hingga 27 September 2023.

Lebih lanjut, Tri mengharapkan, prestasi Pemprov Kaltara yang didukung oleh TP PKK akan berkontribusi nyata dan semakin menyukseskan pelaksanaan 10 Program Pokok PKK, sehingga masyarakat Kaltara semakin sejahtera.

“Lebih dari itu saya berharap kunjungan kerja saya beserta para pengurus pusat Tim Penggerak PKK kali ini, mempunyai nilai manfaat yang besar bagi perkembangan dan kemajuan Gerakan PKK yang dimotori oleh Tim Penggerak PKK dan yang difasilitasi oleh sejumlah organisasi perangkat daerah sebagai pembina sekaligus mitra kerja Tim Penggerak PKK,” harapnya.

Momentum pertemuan ini, lanjut Tri, merupakan langkah konkret dan strategis sebagai wujud komitmen TP PKK Pusat dalam mendukung program pemerintah melalui sinergi program TP PKK di daerah. Program ini sebagaimana yang telah dijabarkan melalui pelaksanaan 10 Program Pokok oleh setiap bidang dan kelompok kerja (pokja).

“Oleh karena itu, pada kesempatan kunjungan kerja saya kali ini, juga akan dilakukan sejumlah kegiatan dalam rangka meningkatkan kemampuan dan keterampilan masyarakat. Beberapa pelatihan dan asistensi teknis yang terkait fungsi masing-masing pokja akan diberikan dalam rangkaian kegiatan ini,” ujarnya.

Selain itu, tambah Tri, melalui beberapa pelatihan dan asistensi teknis tersebut, akan diberikan juga sejumlah bantuan yang dapat menunjang jalannya proses pelatihan. “Upaya ini diharapkan dapat mendukung pengembangan kapasitas kader ataupun dalam rangka implementasi 10 Program Pokok PKK, khususnya dalam konteks pengembangan potensi yang ada di Kalimantan Utara,” tandasnya.

Dalam kunjungannya tersebut, selain bertemu dengan Gubernur, Wakil Gubernur, Forkopimda, dan Ketua TP PKK Provinsi Kaltara, Ketum TP PKK Tri Tito Karnavian juga menghadiri pelatihan UMKM binaan TP PKK Provinsi Kaltara. Kemudian menyalurkan bantuan pemerintah berupa paket sembako, makanan bergizi kepada lansia, ibu hamil, dan balita. Tri juga memberikan makanan sehat dan susu kepada pelajar SD 05 dan SD 06 Tanjung Selor, Kaltara.

Dalam kesempatan itu, TP PKK Pusat juga melakukan temu kader dan pelatihan membatik untuk penyandang disabilitas dari 5 kabupaten/kota di Kaltara. Kegiatan selanjutnya yaitu menggelar sosialisasi bahaya narkoba kepada para pelajar dan mahasiswa, serta kunjungan Posyandu Bina Waluyo, Tanjung Selor, dalam kapasitas Tri sebagai Ketum Pembina Posyandu.(wan)

Sumber: Puspen Kemendagri