NETWORK | Jakarta | Banten | Lampung

Diskusi Publik Peran Media Massa: Membangun Kota Bekasi dalam Peringatan HPN 2024

GERBANGPATRIOT.COM – Kota Bekasi, Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan Humas Kota Bekasi memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2024, serta menyambut HUT Kota Bekasi ke-27 menggelar diskusi publik bertajuk “Peran Media Massa Turut Membangun Kota Bekasi” di Gedung Creativ Center, pada Rabu (28/2/2024).

Keynote Speaker, Pj. Wali Kota Bekasi, Raden Gani Muhamad yang di wakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda), Junaedi menegaskan peran media saat ini memang sangat dibutuhkan.

“Saya mengapresiasi inisiasi kegiatan ini dari Pokja Wartawan Humas Kota Bekasi,” ucap dia.

Diketahui olehnya, media massa saat ini di dominasi media online, berkaitan tentang media massa kebetulan Junaedi mengaku pernah menjajaki pendidikan di fakultas Ilmu komunikasi.

“Kondisi jurnalis saat ini berbeda dan perlu menjaga etika dalam penyajian publik,” tuturnya.

Contohnya, kata Junaedi, tidak menyebar berita hoax dan perlu ada pengkajian sumber berita yang akurat sebelum berita itu disebarluaskan.

Dengan begitu, ia mengharapkan peran media massa di kota bekasi terus tumbuh kembang secara baik. Namun menjadi prihatin menurutnya, banyak media online sekarang ini hanya copy paste dari release saja.

Alasan itulah, menurut Junaedi perlu ada penyaringan perihal perusahaan media massa dalam menjalin kemitraan dengan pemerintah Kota Bekasi.

“Harus mempunyai data jumlah media massa di kota bekasi,” tutur dia.

Sementara itu, Ketua Pokja Wartawan Humas Pemkot Bekasi, Michael Lengkong menyampaikan terkait kegiatan yang digelar merupakan inisiasi dari bebagai insan pers, serta sejumlah perusahaan media dan wartawan dari berbagai organisasi pers di Kota Bekasi.

“Inisiasi ini berkat kontribusi berbagai media dan organisasi pers di kota bekasi,” pungkasnya.

Agenda diskusi tersebut, Lengkong menyebut selain dalam rangka peringatan hari pers 2024, dan juga menyambut HUT ke 27 Kota Bekasi.

“Ingin mendengar pandangan dari pemerintahan kota bekasi guna menjalin kemitraan secara baik. Insan pers memajukan serta membangun kota bekasi,” tutupnya.

Sebagai informasi, diskusi tersebut di hadiri beberapa narasumber diantaranya Plt. Ketua PWI Bekasi, H. Nano Suwarno, diwakili Zulkarnain Alregar; Ketua IWO Kota Bekasi, Iwan Nendi Kurniawan dan Sekda Kota Bekasi, Drs. Junaedi.

Sekda Junaedi menekankan pentingnya hubungan yang baik antara media dan pemerintah, serta pentingnya saling mengingatkan dalam membangun Kota Bekasi. “Selama negara ini masih ada, harus berhubungan baik dengan media,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua IWO Kota Bekasi, Iwan Nendi Kurniawan, menegaskan pentingnya kritik konstruktif terhadap kinerja pemerintah sebagai bentuk kontribusi nyata terhadap pembangunan Kota Bekasi. “Kerjasama advertorial boleh, tapi jangan lupa nilai-nilai kritis harus tetap dibangun,” tandasnya.

Perwakilan PWI Bekasi, Zulkarnain Alregar, menyoroti pentingnya peran media dalam membangun berita yang kritis dan independen. “Pemerintah Kota Bekasi harus siap menerima kritikan apapun,” ucapnya.

Peserta Undangan, seperti Kadis Kominfostandi Kota Bekasi, Drs. Hudi Wijayanto., M.Si; Kabag Humas Setda Kota Bekasi, Amsiyah; Dr. Anggreany Putri., SH., MH (Akademisi); Benny Tunggul (Akademisi); Leksono Budiarto, Ketua SMSI Kota Bekasi; Imron, Wakil Ketua AWPI Kota Bekasi; Saiful Bachri, Sekretaris IWOI Kota Bekasi; Perwakilan dari Swiss-Belhotel Internasional; Ayudee Wakil Ketua Umum Yayasan GANN DPP dan Fabil Ketua harian Yayasan YGANN DPP.

Kegiatan tersebut dihibur oleh Edo Cassanova yang juga wartawan sekaligus pimpinan R&G Management, dipandu MC Ngebanyol yang nyentrik dengan pakaian pangsi warna merah dan biru Bang Pede yang juga wartawan, dan diskusi dimoderatori Olen Raindy M.

Di akhir kegiatan diskusi juga dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng yang disiapkan dari rekan-rekan Pokja Wartawan Kecamatan Bantar Gebang sebagai bentuk syukur para insan pers di Kota Bekasi dengan memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2024 dan menyambut HUT Kota Bekasi ke-27.

Bahkan, menariknya ada sejumlah doorprize, diantaranya voucher menginap dari para sponsor kegiatan tersebut yang disediakan oleh Swiss-Belinn Cibitung, Swiss-Belinn Cikarang, Swiss-Belinn Karawang, dan Sans Green Bekasi Hotel.(*)