Fitur ungulan dari duo ipone XS dan XS Max belum bisa mengalakan Huawei P20

GERBANGPATRIOT.COM – Salah satu fitur unggulan dari duo iPhone XS dan XS Max yang banyak disebutkan pada saat peluncuran keduanya adalah kemampuan kamera yang diklaim makin mumpuni.

Namun, bahkan iPhone XS Max selaku iPhone termahal sepanjang sejarah Apple sekalipun ternyata belum bisa mengalahkan Huawei P20 Pro dalam pengujian oleh DXO Mark, situs referensi pengujian kualitas gambar perangkat digital.

DXO Mark memberikan skor akhir sebesar 105 poin untuk iPhone XS Max. Posisinya nomor dua, di bawah Huawei P20 Pro (109 poin) yang menjadi pemegang gelar smartphone berkamera terbaik, menurut DXO Mark.

Pengujian yang dilakukan oleh DXO Mark untuk mengukur kemampuan kamera suatu perangkat beraneka rupa, mencakup uji exposure, kemampuan low-light, akurasi warna, autofokus, hingga rentang dynamic range dan kualitas video. Hasilnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Jumat (5/10/2018), kamera iPhone XS Max disebut termasuk paling baik untuk ukuran smartphone masa kini dan hanya kalah dari Huawei P20 Pro yang dibekali tiga buah kamera.

Baca juga: Melihat Lebih Dekat Ponsel 3 Kamera Belakang Huawei P20 Pro “Selain mampu menghasilkan foto berkualitas di kondisi cahaya terang, kamera iPhone XS Max juga sangat bisa diandalkan untuk selalu menghasilkan gambar bagus,” komentar DXO Mark.

Kendati demikian, di beberapa pengujian, terlihat jelas bahwa kamera iPhone XS Max masih belum sanggup menyamai Huawei P20 Pro, misalnya dalam uji scene indoor backlight dalam contoh foto di bawah. Dalam kondisi backlit indoor, subyek manusia dalam jepretan iPhone XS Max (foto kiri) tampak lebih gelap dibandingkan Huawei P20 Pro (foto kanan).

(DXO Mark) DXO Mark juga menyoroti hasil jepretan kamera saat zoom yang tampak lebih kasar dibandingkan Huawei P20 Pro. Lalu, jepretan iPhone XS Max pada malam hari juga tampak mengalami desaturasi sehingga warna-warna terlihat kurang cerah.

Lebih banyak software iPhone XS Max dibekali kamera utama dengan resolusi 12 megapiksel yang dipasangkan dengan lensa wide angle berbukaan f/1,8 dengan Optical Image Stabilizer (OIS). Masing-masing fotodioda (pixel) pada sensor gambarnya berukuran 1,4 mikrometer, lebih besar dari milik iPhone X (1,22 mikrometer) sehingga seharusnya bisa menghasilkan tangkapan gambar lebih baik.

Kamera kedua di punggung iPhone XS Max juga memiliki resolusi  12 megapixel, tapi dengan ukuran pixel lebih kecil (1 mikrometer). Kamera ini memiliki lensa telephoto 2x dengan bukaan f/2.4 dan OIS.

Di kondisi low-light malam hari, jepretan iPhone XS Max (foto kiri) mengalami desaturasi sehingga warna-warnanya tidak secerah hasil foto Huawei P20 Pro (foto kanan)(DXO Mark) Meski ada perubahan dari sisi software, DXO Mark mengatakan peningkatan terbesar iPhone XS Max dari iPhone X sebelumnya justru ada di segi software. Perangkat lunak kamera lebih mumpuni itu pula yang ditekankan oleh Apple dalam acara peluncuran.

Dijelaskan oleh DXO Mark, kamera iPhone XS Max terus menerus merekam buffer multi-frame dengan exposure berbeda. Walhasil, sang ponsel memiliki shutter lag yang sangat kecil, sekaligus High-Dynamic Range (HDR)  yang bisa di-preview secara real time.

“Fungsi preview (real time HDR) ini sekarang belum tersedia di kompetitor manapun dari sang iPhone,” lanjut DXO Mark, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Jumat (5/10/2018). Soal kemampuan video, iPhone XS Max sanggup merekam video 4K dengan frame rate hingga 60 FPS atau Full-HD (1.920 x 1.080) hingga 240 FPS. Hasil pengujian DXO Mark selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut. Kamera iPhone XS sama dengan milik iPhone XS Max sehingga keduanya memiliki kemampuan yang sebanding.(kompas.com/Har)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *