Hutan Plangon Bukti Destinasi Wisata Religi Di Pulau Jawa Barat

GERBANGPATRIOT.COM – Cirebon begitu banyak memiliki destinasi wisata religi. Selain karena sejarah tempat penyebaran agama Islam yang dilakukan Sunan Gunung Djati, Cirebon juga menjadi tokoh-tokoh ulama Islam di bumi Jawa Barat.

Salah satu buktinya ialah Hutan Plangon. Di bukit hutan ini terdapat makam tokoh penting di Cirebon. Keduanya yakni makam Pangeran Panjunan dan Pangeran Kejaksan.

Plangon terletak di sebelah selatan pusat pemerintahan Kabupaten Cirebon, tepatnya di Desa Babakan, Kecamatan Sumber. Keramat Plangon merupakan salah satu objek wisata purbakala. Di sebelah utara Keramat Plangon dibatasi oleh kebun dan sawah, di sebelah timur dibatasi oleh Sungai Cipager, di sebelah selatan dibatasi oleh sawah, dan di sebelah barat dibatasi oleh jalan raya. Luas Keramat Plangon yaitu sekitar 48 hektare.

Obyek wisata ini merupakan perpaduan antara nilai-nilai sejarah, kesejukan alam dan adanya kawanan monyet dengan jumlah lumayan banyak di tempat tersebut. Dengan potensi tersebut, tempat ini sangat layak untuk dijadikan salah satu tujuan wisata di Cirebon. Wisata Plangon sendiri berasal dari kata “tegal klangenan” yang berarti sebuah tempat atau bukit untuk menenangkan diri.

Memang bagi para pengunjung yang baru berkunjung ke sini, kesan seram memang terasa. Selain karena memang hutannya yang cukup lebat, juga setiap gerak pengunjung akan diikuti oleh monyet-monyet yang terkadang sedikit jahil.

Untuk sampai ke puncak bukit Wisata Plangon pengunjung harus menaiki banyak tangga, tidak ada yang tahu tentang jumlah tangga tersebut. Tapi dengan berjalan santai kita memerlukan waktu setengah jam untuk sampai puncak Wisata Plangon. (Merahputi.com/Har)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *