Bandara Cikembar Sukabumi Diusulkan Masuk PSN

GERBANGPTRIOT-Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan meminta kepada pemerintah pusat untuk memasukan proyek pembangunan Bandar Udara Cikembar di Kabupaten Sukabumi menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN).

Bandara Cikembar terletak di Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi dan berdekatan pula dengan Kota Sukabumi. Keberadaan Bandara itu sangat penting untuk menyokong pembangunan di kawasan Sukabumi selatan yang kaya akan potensi wisata. Khususnya dalam mendukung keberadaan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu yang sudah ditetapkan Unesco menjadi warisan dunia.

Sekretaris Pemprov Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan upaya mendorong bandara agar menjadi proyek PSN terus dilakukan, namun kalaupun tidak disetujui, pembangunan akan tetap dilaksanakan.

“Tetapi yang penting semangatnya kita tetap akan lakukan percepatan dengan tetap bertumpu pada aturan yang ada,” ujarnya di Gedung Sate, Bandung, Jumat (2/11).

Iwa berharap pembebasan lahan untuk Bandara yang memiliki landasan pacu seluas 1800 meter ini bisa selesai akhir tahun ini. Sehingga pembangunan fisiknya bisa dimulai di awal tahun 2019 sesuai target dari Kementerian Perhubungan. Anggaran untuk biaya pembangunannya bersumber dari pemerintah pusat sebesar 400 milyar rupiah, dengan target awal selesai pada tahun 2021 atau 2022.

“Saya berterima kasih kepada pemerintah pusat yang sudah melihat kesungguhan Pemprov Jabar tentang Bandara Cikembar ini dengan tentunya mengalokasikan anggaran,” tutur Iwa. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *