Ketua DPRD Choiroman J Putro Menerima Kunjungan Pengurus Perkumpulan Penyandang Disabilitas (PPDI) Kota Bekasi

GERBANGPATRIOT.COM – Pengurus Perkumpulan Penyandang Disabilitas (PPDI) Kota Bekasi bertandang ke DPRD kota Bekasi pada Rabu (23/6/2021). Kehadiran PPDI disambut Ketua DPRD Kota Bekasi Chairoman J. Putro.

Ketua PPDI Kota Bekasi, Dariyanto menyatakan kunjungannya kali ini bertujuan menjalin tali silaturahmi antara PPDI dengan DPRD.

“Tujuannya, pertama silaturahmi karena selama saya menjabat belum pernah bertemu dengan ketua DPRD. Ini kesempatan sebenernya, dari dulu kesempatan ada, bertemu wali kota dan wakilnya ternyata, ternyata nggak cukup. Akhirnya kita ke sini. Alhamdulillah tanggapan beliau bagus,” ucap Dariyanto.

Selain untuk bersilaturahmi, PPDI Kota Bekasi hendak menyalurkan aspirasi soal perhatian pemerintah terhadap penyandang disabilitas selama ini.

“Terkait disabilitas, Pemkot secara lisan memang sudah aware. Tapi soal realisasi, seperti anggaran, belum ada,” kata Dariyanto kemudian.

Ia berharap Peraturan daerah yang sudah ada bisa segera direalisasikan semuanya.

“Ke ketua DPRD, mudah-mudahan apa yang kita butuhkan bisa didapatkan, karena ini, satu, kaitannya mendorong Pemkot untuk lebih realistis dengan programnya. Terutama untuk akses disabilitas itu. Perwal bagus, tapi sosialiasi masih kurang,” imbuhnya.

Belum lagi soal gedung tempat berkantor PPDI, kata Dariyanto kondisinya saat ini cukup memprihatinkan dan butuh perbaikan.

“Selama ini gedung yang kami pakai eks BLK yang udah lama nggak beroperasi dan milik dinas provinsi, sudah lama nggak ada yang ngurusin. Diserahkanlah oleh Pemkot ke kami. Kondisi sudah tua, sudah nggak layak. Pak wakil sudah melihat sendiri. Belum tau nih, statusnya… mungkin karena milik provinsi,” tukasnya.

Ia berharap Pemkot bisa memberi solusi agar gedung PPDI mudah dijangkau oleh penyandang disabilitas.

Sementara itu Ketua DPRD Kota Bekasi mendukung Kota Bekasi menjadi kota Layak Penyandang Disabilitas. Hal ini ia katakan menyusul kunjungan pengurus Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) ke kantornya pada Rabu (23/6/2021).

“Intinya begini, bahwa DPRD sejak awal menggulirkan Perda No. 16 tahun 2019 terkait masalah perlindungan dan pemenuhan hak- hak disabilitas, memang ingin mendorong Kota Bekasi ini jadi kota yang ramah disabilitas. Dan jadi satu poin utama, yang Perdanya muncul 2019 diharapkan 2020 sudah mulai ada rencana aksi kota ramah disabilitas,” kata Chairoman saat dihubungi Bekasimedia.

Namun kata Chairoman sampai saat ini pihaknya belum melihat adanya kesiapan Pemerintah Kota Bekasi untuk rencana aksi pengembangan kota Ramah Disabilitas.

Terkait dengan persiapan infrastruktur perkotaan yang ramah dengan penyandang disabilitas Chairoman berharap Pemkot tidak hanya berkonsentrasi di ruang-ruang publik, namun juga layanan publik khususnya yang berada di kantor-kantor pemerintahan sudah layak untuk bisa menerima dan diakses oleh kaum disabilitas.

“Kita berharap mudah-mudahan rencana induk bisa kita dapatkan sehingga secara keseluruhan pengembangan kota Ramah Disabilitas bisa dilakukan,” tukasnya. (Advertorial)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.