NETWORK | Jakarta | Banten | Lampung

SMPN 7 KOTA BEKASI IKUT SUKSESKAN PROGRAM VAKSINASI ANAK

GERBANGPATRIOT.COM – KOTA BEKASI, Pemerintah Kota Bekasi telah memulai program vaksinasi anak usia 12 sampai dengan 17 tahun pada tanggal 04 Agustus 2021, dimana pada hari ini dilangsungkan vaksinasi anak di sekolah-sekolah pada Kecamatan Bekasi Selatan.

Salah satu sekolah di Kecamatan Bekasi Selatan, tepatnya di Kelurahan Kayuringin Jaya, yakni SMPN 7, melakukan vaksinasi untuk 612 siswa/siswi dengan vaksin jenis Sinovac. Dalam pelaksanaannya, pihak SMPN 7 dibantu oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas Perumnas II Kota Bekasi serta pihak-pihak terkait lainnya.

Dalam proses pendaftarannya, siswa/siswi wajib mengisi formulir berisikan data diri yang disediakan oleh wali kelas melalui daring/online serta orang tua wajib menandatangani surat pernyataan sebagai bentuk persetujuan kepada anak-anaknya untuk dapat divaksin.

“Kami sediakan formulir kepada siswa/siswi secara online untuk diisi di rumah sebelum datang ke sekolah dan surat pernyataan dukungan atau surat izin wajib ditandatangani orang tua, sehingga peserta yang divaksin pada hari ini Jum’at (06/08/2021) adalah peserta yang sudah dapat izin dari orang tua dan memang benar-benar belum divaksin serta yang sudah berumur 12 sampai 17 tahun.” Ujar Drs. Sukamto, M.Pd selaku Kepala SMPN 7 Kota Bekasi.

Setibanya di lokasi, siswa/siswi membawa formulir berisikan data diri dan surat pernyataan orang tua untuk diverifikasi ulang apakah sudah lengkap berkas-berkasnya dan data-datanya sudah sesuai.

Sama seperti proses vaksinasi untuk dewasa, siswa/siswi SMPN 7 juga harus melewati proses skrinning/pemeriksaan kesehatan oleh tenaga kesehatan dan dokter sebelum dinyatakan lolos untuk pemberian vaksin.

Setelah pemberian vaksin, peserta pun menyerahkan kembali berkas-berkas untuk diinput ke dalam sistem nasional yang nantinya bukti vaksinasi atau kartu vaksinasi akan disampaikan melalui SMS, maka sangat penting untuk mencantumkan nomor telvon yang benar-benar aktif dan tidak ada salah tulis.

Proses pelaksanaan vaksinasi di SMPN 7 menerapkan prosedur protokol kesehatan dengan baik seperti pengecekan suhu tubuh siswa/siswi sebelum masuk ke dalam area vaksinasi, tersedianya tempat cuci tangan, serta penerapan jarak aman antar sesama peserta, lalu dengan diterapkannya pembagian waktu/sesi antara siswa/siswi kelas 7, 8, dan 9, serta orang tua yang mengantar pun hanya boleh menunggu di luar area vaksinasi sehingga tidak terjadi penumpukan orang/kerumunan.

Siswa/siswi SMPN 7 terlihat antusias dalam menjalani vaksinasi pada hari ini, Salah satu siswa menyampaikan bahwa “divaksin itu ternyata tidak sakit sama sekali, saya sangat senang dapat kesempatan divaksin,” ujarnya.

Ia pun berpesan agar teman-teman lainnya yang belum divaksin, segera mau dan siap divaksin sehingga dapat meminimalisir penyebaran virus Covid-19 dan juga Ia berharap dengan vaksinasi dapat segera kembali belajar di sekolah. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.