NETWORK | Jakarta | Banten | Lampung

Perdalam Tugas dan Fungsi Kemendagri, Siswa SD Tunas Muda Kunjungi BPSDM Kemendagri

GERBANGPATRIOT.COM – Jakarta, Untuk memperdalam pemahaman tentang tugas dan fungsi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam sistem pemerintahan di Indonesia, siswa Sekolah Dasar (SD) Tunas Muda cabang Kedoya mengunjungi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri, Selasa (16/1/2024).

Pada kegiatan bertajuk Office Tour Edukatif ini, perwakilan SD Tunas Muda disambut langsung Kepala BPSDM Kemendagri Sugeng Hariyono. Kemudian, selama kegiatan mereka dipandu oleh Widyaiswara Ahli Madya BPSDM Gatot Setyo Tamtomo Yudo Baroto.

Saat sesi interaktif, Gatot menjelaskan tentang tugas utama Kemendagri dalam mendukung presiden dan wakil presiden mengelola daerah-daerah di Indonesia. Ia juga membahas soal peran BPSDM Kemendagri dalam mengembangkan kompetensi kepala daerah, seperti gubernur, bupati, dan wali kota, guna memajukan daerahnya masing-masing.

Sementara itu, Sugeng mengajak para siswa untuk mengenal lebih dekat operasional pemerintahan, termasuk peran vital BPSDM dalam mempersiapkan pemimpin bangsa masa depan. Harapannya, melalui kegiatan ini siswa dapat termotivasi untuk lebih mengenal dan memahami sistem pemerintahan di Indonesia.

Selain mendengarkan paparan, siswa juga terlibat aktif dalam kegiatan interaktif, seperti menggambar peta Indonesia, mempelajari berbagai daerah di tanah air, dan mengikuti office tour untuk melihat aktivitas harian para Aparatur Sipil Negara (ASN) di BPSDM Kemendagri.

Adapun kunjungan ini merupakan bagian dari program edukasi SD Tunas Muda untuk memberikan pengalaman belajar langsung kepada siswa tentang berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

Melalui kegiatan seperti ini siswa diharapkan dapat mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang peran serta fungsi pemerintah dalam pembangunan bangsa. Dengan demikian, tidak hanya wawasan seputar pemerintahan yang bertambah, tetapi rasa kebangsaan dan kesadaran civic atau kewarganegaraan para siswa diharapkan juga ikut tumbuh.(Wan)

Sumber: Puspen Kemendagri