NETWORK | Jakarta | Banten | Lampung

Kecewa Dengan Pelaksanaan Pemilu 2024 DPRD Akan Panggil Ketua KPU dan Bawaslu Kota Bekasi

GERBANGPATRIOT.COM – Ketua Komisi I DPRD Kota Bekasi asal Fraksi Partai Golkar, Faisal menyatakan akan mengevaluasi besar besaran pelaksanaan pemilu 2024 kemarin baik KPU maupun Bawaslu sebagai penyelenggara yang dinilai kurang transparan.

Ditemui usai paripurna DPRD Faisal mengutarakan kekecewaanya atas penyelenggaraan pemilu pilpres dan pileg yang kurang transparan. Padahal DPRD juga turut memberikan dukungan anggaran untuk Bawaslu bagi terselenggaranya pemilu di Kota Bekasi.

“Sangat kita sayangkan baik KPU maupun Bawaslu pada saat pelaksanaan pilpres dan pileg kemarin kurang transparan dalam memajang C1 salinan. Bahkan sebenarnya C1 plano yang keabsahannya itu dipastikan 100%, karena C1 plano itu benar benar diperhatikan oleh seluruh masyarakat ditiap TPS namun tidak diabadikan secara utuh dan tidak juga di publish secara terbuka, itu sebenarnya penyesalan yang kalau boleh menjadi evaluasi besar,” ujarnya Sabtu (23/3/2024).

“Bayangkan kalau saja H+1 disetiap kelurahan sudah terpampang C1 plano hasil jepretan Bawaslu maupun KPU kegaduhan kemarin tidak akan terjadi, terlebih Bawaslu melalui saksi TPS mereka anggarannya juga kan dari APBD. Sudah sewajibnya mereka memampang hasil C1 itu disetiap kelurahan sehingga menjadi transparan,” tegasnya.

Lebih lanjut, Faisal mengatakan Komisi I berencana akan memanggil KPU dan Bawaslu untuk dimintai penjelasan. “Tentu ini akan kita evaluasi dan harapannya apa apa yang kita sepakati bersama komitme n untuk misalnya SOP-SOP yang akan digelar pada Pilkada nanti,” pungkasnya. (Denis)